Tips Sederhana Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

Cara Merawat Mesin Mobil

SeoOtoMobil.com – Tips Sederhana Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet. Hallo Sobat OtoMobil…!!! Memiliki mobil memang tidak hanya sekadar memakainya saja, tetapi harus merawatnya agar mobil tetap dalam kondisi prima meski dipakai bertahun-tahun. Beberapa tips sederhana berikut bisa sobat lakukan secara rutin agar mobil tetap awet.

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

Mencuci Mobil
Mencuci mobil dilakukan setidaknya satu kali dalam seminggu. Bagian terpenting adalah bodinya, meskipun dengan cara mencuci mobil tanpa sabun. Dengan rajin mencuci mobil, sobat bisa mencegah terjadinya karat akibat kotoran yang menempel dan juga mobil agar mengkilap. Jangan lupa juga untuk membersihkan mobil bagian dalam juga ya.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Setelah Kehujanan

Tekanan Ban
Cek tekanan ban setidaknya sebukan sekali atau sebelum melakukan perjalanan jauh. Sesuaikan ukuran tekanan ban yang disarankan oleh pabrikan. Biasanya setiap mobil memiliki informasi standar pabrikan ukuran tekanan udara ban. Cara mengetahuinya ukuran tekanan ban biasanya terdapat di bagian daun pintu pengemudi. Angka itu bisa menjadi acuan sobat. Jangan lupa juga untuk mengisi angin dengan tekanan besaran yang sama pada ban serep mobil.

Oli Mesin
Mengganti oli mesin adalah salah satu perawatan bulanan rutin yang perlu dilakukan agan mesin mobil tetap awet. Pastikan juga pada Saat mengganti oli di beberapa komponen, misalnya filter udara. Bersihkan dan atau ganti kalau memang sudah tidak bisa menyaring udara dengan baik.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Apek Dalam Mobil

Perawatan Berkala
Cara merawat mesin mobil agar tetap awet dengan melakukan perawatan secara berkala. Misalnya membersihkan kotoran-kotoran yang berada di sekitar radiator untuk mencegah overheat pada mobil. Periksa belt pada mobil, Jika menimbulkan suara berisik bisa menyetelnya atau diganti setiap dua atau tiga tahun sekali. Timing belt, jika sudah rusak dan tidak menggantinya bisa berakibat pada kerusakan mesin mobil. Knalpot juga harus diperhatikan, misalnya bisa terdeteksi dari suara yang ditimbulkan.